Jumat, 09 September 2011

PELATIHAN PEMBUATAN FILM

 
 Bandung, 26-28 Agustus 2011 bertempat di  Vila Istana Bunga- Parompong, telah diadakan Pelatihan Pembuatan Film Rohani. Pelatihan ini melibatkan beberapa nara sumber dari HOPE CHANEL. Di antara nara sumber yang datang adalah Pdt. Dr. M. Palar, Bpk. Donald Weley, Ibu Eva Pricilla Sari Retor, Ibu Devie Grace Longkutoy, Ibu Poetry Ander, Bpk. Vicky Gasing dan Bpk. Sebastian Wagiran. Dalam acara Pelatihan ini dihadiri oleh utusan jemaat yang ada di Konfrens Jawa Barat. Para utusan yang datang adalah Jemaat Cihampelas, Maranatha, IPH, UNAI, Merbabu, Cirebon, Caritas, Punclut, Cimindi Raya, Cicaheum, Naripan. Pelatihan ini sungguh luar biasa oleh karena selama 3 hari tidak ada waktu yang terlewatkan dengan begitu saja. Hari pertama di mulai dengan pendarftaran para peserta, dan sore hari acara di mulai dengan buka sabat dan kata sambutan dari direktur Pemuda KJB yaitu Pdt. Slamet W Nappoe, untuk tidak membuang-buang waktu acara dilanjutkan dengan materi “Bagaimana cara kerja dari pembuatan film” sampai pada pukul 21:30.
Di pagi hari peserta diwajibkan bangun jam 04:30 di mana acara ini adalah meditsai Alkitab. Pada pukul 07:30 acara sudah dimulai dengan materi lanjutan yang sudah diberikan, sementara sekolah sabat disatukan dan kotbah oleh Pdt. Dr. M. Palar. Di siang hari sampai sore hari materi yang diberikan adalah bagaimana menggunakan kamera dengan gambar yang lebih baik dan efek cahaya serta pratek dalam penyusunan naskah pembuatan film rohani. Dalam pembuatan naskah dibagi atas beberapa kelompok sehingga naskah atau cerita akan berbeda satu kelompok dengan kelompok yang lainnya. Selama beberapa jam lamanya semua peserta merasakan waktu yang begitu singkat oleh karena teori dan pratek membutuhkan pemikiran dan ide yang baik sehingga dirasakan oleh semua peserta bahwa waktunya kurang.
Pada hari minggu pagi semua peserta wajib dan sudah menyelesaikan naskah yang akan difilmkan.  Dan pada akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu adalah pembuatan film. Dalam pembuatan film ini terdiri dari sutradara, bagian editing, pemain, kamerawan, dll.  Saat pembuatan film semua kelompok  mengambil tempat baik indoor maupun outdoor sesuai dengan naskah atau ide cerita. Semua kelompok diberikan kesempatan membuta film hanya berdurasi 2 menit, namun dalam pratek pembuatannya membutuhkan waktu selama 3 jam. Pada pukul 12:30 semua kelompok sudah mengedit gambar atau film yang akan ditanyangkan, dan jam 1:30 beberapa kelompok berhasil membuat film dan itu diperlihatkan kepada semua peserta.
Dari setiap film yang sudah di tanyangkan akan ada koreksi atau komentar dari para nara sumber maupun peserta dengan tujuan agar pembuatan film yang selanjutnya akan lebih baik dan sempurna. Semua rangkaian acara ditutup pada pukul 15:00 (hari minggu sore). Kami berharap bahwa dengan adanya  pelatihan pembuatan film ini dapat menjadikan orang muda yang ada di Kpnfrens Jawa Barat, lebih banyak membuat kretivitas dan ide-ide yang baru. Tuhan memberkati...KOMUNIKASI KJB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar